Selasa, 27 Maret 2012

07. PERKEMBANGAN TEORI ORGANISASI





08.TEORI STUKTURAL KLASIK
(Objektivisme)

1.    ORGANISASI SOSIAL
            merujuk pada pola-pola interaksi sosial yang terjadi dalam sebuah kelompok sosial, yaitu kelompok atau kumpulan orang yang terbentuk atas dasar kesamaan kepentingan yang saling berhubungan dan melakukan interaksi sosial. Hubungan yang terjadi ini menghasilkan aspek status sosial yang berbeda. Jaringan hubungan & kepercayaan bersama suatu kelompok ini yang biasanya disebut dengan struktur.




2. ORGANISASI FORMAL (BIROKRASI)KARAKTERISTIK  
    BIROKRASI WEBER :


1. Suatu organisasi terdiri dari hubungan yang ditetapkan antara jabatan-jabatan.
2. Tujuan / rencana organisasi terbagi ke dalam tugas-tugas yang disalurkan di antara berbagai jabatan sebagai kewajiban (jod description).
3. Kewenangan untuk melaksanakan kewajiban diberikan kepada jabatan (saat sah menduduki jabatan).
4. Garis2 kewenangan & jabatan diatur menurut suatu tatanan hierarkis.
5. Suatu sitem aturan/regulasi yang umum tapi tegas yang ditetapkan secara formal, mengatur tindakan2 & fungsi jabatan dalam organisasi.
6. Prosedur dalam organisasi bersifar formal dan impersonal.
7. Adanya prosedur untuk menjaga disiplin anggota.
8. Anggota organisasi harus memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan organisasi.
9. Pegawai dipilih untuk bekerja dalam organisasi berdasarkan kualifikasi teknis.
10. Penilaian kenaikan jabatan dilakukan berdasarkan senioritas dan prestasi kerja.

Ciri-ciri organisasi formal berkaitan dengan fenomena Komunikasi jabatan (positional communication). Hubungan dibentuk antara jabatan.



3.Teori Penerimaan Kewenangan


Empat syarat seseorang mau menerima pesan otoritatif :

1.   Orang tersebut memahami pesan yang dimaksud.

2.   Orang tersebut percaya bahwa pesan itu tidak bertentangan dengan tujuan organisasi.

3.   Orang tersebut percaya (pada saat memutuskan bekerja sama) bahwa pesan yang dimaksud sesuai dengan minatnya.

4.   Orang tersebut memiliki kemampuan fisik dan mental untuk melaksanakan pesan (sesuai dengan kompetensi dirinya).


 


4.TEORI PERILAKU
1.1. Teori Komunikasi-Kewenangan :    Chester Barnard
- Organisasi formal : suatu sistem kegiatan dua  orang  atau lebih yang dilakukan secara sadar dan terkoordinasikan.
- Menitikberatkan konsep sistem dan konsep orang. Eksistensi organisasi bergantung pada kemampuan manusia untuk berkomunikasi dan kemauan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sama.
- Fungsi utama pimpinan adalah mengembangkan & memelihara suatu sistem komunikasi.




 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar