08.TEORI STUKTURAL KLASIK
(Objektivisme)
(Objektivisme)
1. ORGANISASI SOSIAL
merujuk pada pola-pola interaksi
sosial yang terjadi dalam sebuah kelompok sosial, yaitu kelompok atau kumpulan
orang yang terbentuk atas dasar kesamaan kepentingan yang saling berhubungan
dan melakukan interaksi sosial. Hubungan yang terjadi ini menghasilkan aspek
status sosial yang berbeda. Jaringan hubungan & kepercayaan bersama suatu
kelompok ini yang biasanya disebut dengan struktur.
BIROKRASI WEBER :
1. Suatu
organisasi terdiri dari hubungan yang ditetapkan antara jabatan-jabatan.
2. Tujuan
/ rencana organisasi terbagi ke dalam tugas-tugas yang disalurkan di antara
berbagai jabatan sebagai kewajiban (jod description).
3.
Kewenangan untuk melaksanakan kewajiban diberikan kepada jabatan (saat sah
menduduki jabatan).
4. Garis2
kewenangan & jabatan diatur menurut suatu tatanan hierarkis.
5. Suatu
sitem aturan/regulasi yang umum tapi tegas yang ditetapkan secara formal,
mengatur tindakan2 & fungsi jabatan dalam organisasi.
6.
Prosedur dalam organisasi bersifar formal dan impersonal.
7. Adanya
prosedur untuk menjaga disiplin anggota.
8.
Anggota organisasi harus memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan organisasi.
9.
Pegawai dipilih untuk bekerja dalam organisasi berdasarkan kualifikasi teknis.
10.
Penilaian kenaikan jabatan dilakukan berdasarkan
senioritas dan prestasi kerja.
Ciri-ciri
organisasi formal berkaitan dengan fenomena Komunikasi jabatan (positional
communication). Hubungan dibentuk antara jabatan.
3.Teori Penerimaan Kewenangan
Empat syarat seseorang mau menerima pesan
otoritatif :
1.
Orang tersebut memahami pesan yang
dimaksud.
2.
Orang tersebut percaya bahwa pesan itu
tidak bertentangan dengan tujuan organisasi.
3.
Orang tersebut percaya (pada saat
memutuskan bekerja sama) bahwa pesan yang dimaksud sesuai dengan minatnya.
4.
Orang tersebut memiliki kemampuan fisik
dan mental untuk melaksanakan pesan (sesuai dengan kompetensi dirinya).
4.TEORI PERILAKU
1.1.
Teori Komunikasi-Kewenangan : Chester
Barnard
-
Organisasi formal :
suatu sistem kegiatan dua orang atau lebih yang dilakukan secara sadar dan terkoordinasikan.
- Menitikberatkan konsep sistem dan konsep orang. Eksistensi organisasi
bergantung pada kemampuan manusia untuk berkomunikasi dan kemauan untuk bekerja
sama dalam mencapai tujuan yang sama.
-
Fungsi utama pimpinan adalah mengembangkan & memelihara suatu sistem
komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar