Selasa, 27 Maret 2012

13. METAPHORA ORGANISASI : GARETH MORGAN




   Organisasi dapat dilihat dari berbagai perspektif. Perspektif pertama sebagaimana yang diungkapkan oleh Gareth Morgan melihat organisasi dalam 8 metafora1. Antara lain :
    1. Organisasi ibarat mesin (machine). Organisasi mengolah segala sumberdaya  yang ada dan memiliki bagian-bagian yang menghasilkan produk dan jasa.
    2. Organisasi ibarat organisme (organism). Seperti tumbuhan atau hewan, organisasi lahir, tumbuh, berfungsi dan beradaptasi terhadap perubahan-perubahan lingkungan dan pada akhirnya ia mati.
    3. Organisasi ibarat otak (brain). Ia memproses informasi, ia memiliki intelegensi, ia mengkonseptualisasi dan ia membuat perencanaan.
    4. Organisasi ibarat budaya (culture) karena ia mencipta pengertian, memiliki  nilai dan norma, dan diperkuat dengan cerita-cerita dan ritual-ritual bersama.
    5. Organisasi seperti sebuah sistem politik (political system) , dimana kekuasaan dibagi, pengaruh dijalankan, dan keputusan-keputusan dibuat.
    6. Organisasi  sebagai penjara supranatural (psychic prisons) karena ia dapat membentuk dan membatasi kehidupan anggota-anggotanya.
    7. Organisasi sebagai perubahan dan transformasi (flux and transformation),      karena ia menyesuaikan diri, berubah, tumbuh atas dasar informasi, umpan   balik   dan kekuatan logika.
    8.  Organisasi sebagai instrumen dominasi (instrument of domination) karena ia mengandung kepentingan-kepentingan yang bersaing, yang beberapa di antaranya mendominasi yang lain.
1 Gareth Morgan, Image of Organization, Beverly Hills, CA : Sage, 1986

Tidak ada komentar:

Posting Komentar